TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN

Contohnya KD 3.1 dan KD 4.1, terdapat kata “memahami” dan “menyajikan” aplikasi komunikasi data. 2 kata depan ini memiliki arti yang berbeda, jadi penerapannya juga berbeda. Untuk lebih jelasnya, berikut KD Teknologi Layanan Jaringan SMK TKJ.

3.1 Memahami ragam aplikasi komunikasi data.
4.1 Menyajikan karakteristik ragam aplikasi komunikasi data
3.2 Menganalisis berbagai standar komunikasi data.
4.2 Menyajikan berbagai standar komunikasi data
3.3 Menganalisis proses komunikasi data dalam jaringan.
4.3 Menyajikan hasil analisis proses komunikasi data
3.4 Memahami aspek-aspek teknologi komunikasi data dan suara.
4.4 Menalar aspek-aspek teknologi komunikasi data dan suara
3.5 Menganalisis kebutuhan telekomunikasi dalam jaringan.
4.5 Menyajikan hasil analisis kebutuhan telekomunikasi dalam jaringan
3.6 Menganalisis kebutuhan beban / bandwidth jaringan.
4.6 Menyajikan hasil analisis kebutuhan beban/bandwidth jaringan
3.7 Memahami konsep kerja protokoler Server softswitch.
4.7 Menalar konsep kerja protokoler Server softswitch
3.8 Memahami diagram rangkaian operasi komunikasi VoIP
4.8 Menalar diagram rangkaian operasi komunikasi VoIP
3.9 Memahami bagan dan konsep kerja Server softswitch berkaitan dengan PBX.
4.9 Menyajikan bagan dan konsep kerja Server softswitch berkaitan dengan PBX.
3.10 Menerapkan konfigurasi ekstensi dan dial-plan Server softswitch.
4.10 Melakukan konfigurasi ekstensi dan dial-plan Server softswitch
3.11 Menerapkan prosedur instalasi Server softswitch berbasis session initial protocol (SIP).
4.11 Menginstalasi Server softswitch berbasis session initial protocol (SIP).
3.12 Memahami konfigurasi ekstensi dan dial-plan Server softswitch
4.12 Menyajikan hasil konfigurasi eksistensi dan dial-plan Server softswitch.
3.13 Memahami fungsi firewall pada jaringan VoIP
4.13 Menalar fungsi firewall pada jaringan VoIP
3.14 Memahami prinsip kerja subscriber internet telepon
4.14 Menalar prinsip kerja subscriber internet telepon
3.15 Menerapkan konfigurasi pada subscriber internet telepon
4.15 Membuat konfigurasi subscriber internet telepon.
3.16 Mengevaluasi kerja sistem komunikasi VoIP
4.16 Mengelola kerja sistem komunikasi VoIP
3.17 Mengevaluasi perawatan sistem komunikasi VoIP
4.17 Melakukan perawatan sistem komunikasi VoIP
3.18 Menganalisis permasalahan sistem komunikasi VoIP
4.18 Melakukan perbaikan sistem komunikasi VoIP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *