ARSITEKTUR DAN ORGANISASI KOMPUTER

  1. PERBEDAAN ARSITEKTUR DAN ORGANISASI KOMPUTER

Arsitektur komputer cenderung berkaitan dengan komponen sistem komputer yang terkaitan dengan pemprograman dan memiliki dampak langsung pada perintah logis sebuah program. Arsitektur juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilu yang mempelajari cara interkoneksi dan komponen – komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional dan kinerja.

Semetara itu organisasi komputer mempelajari bagian yang terkaitan dengan unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem komputer dan interkoneksi yang merealisasikan penjelasan arsitektural.

PERBEDAAN UTAMANYA ADALAH SEBAGAI BERIKUT :

  1. Organisasi komputer : bagian yang terkaitan erat dengan komponen – komponen operasioal.

Contoh : teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinya l – sinyal kontrol

  1. Arsitektur komputer : kelengkapan sistem komputer yang terkait dengan kegiatan pemprograman

Contoh : set intruksi, aritmatika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme Input output

Latihan soal

  1. Jelaskan yang dimaksud dengan arsitektur komputer ?
  2. Jelaskan yang dimaksud dengan organisasi komputer?
  3. Jelaskan perbedaan antra arsitekrut komputer dengan organisasi komputer ?

 

  1. STRUKTUR DAN FUNGSI UTAMA KOMPUTER

Struktur dasar komputer

Struktur dasar komputer mempelajari tentang bagaimana cara dari tiap komponen saling berkaitan. Fugsi komputer menjelaskan operasi masing – masing komponen sebagai bagian dari struktur.  Adapun fungsi dari masing – masing komponen ada dalam struktur komputer.  Ada empat struktur utama didalam sebuah komputer, yaitu : CPU, memori, perangkat input, dan out put.

CPU (CENTRAL PROSESING UNIT )

CPU berfungsi sebagai pengontrol operasi komputer dan sebagai pusat kegiatan dan pengolahan. Otak dalam CPU cukup disebut denga prosesor. Dalam mewujudkan fungsi dan tugasnya, CPU tersusun atas beberapa komponen yang merupakan bagian dari truktur CPU.

Struktur utama CPU

  1. Program Central Unit, bertugas untuk mengintrol operasi CPU secara keseluruhan dan mengontrol operasi CPU sehingga terjadi kesamaan kerja antara komponen dalam menjalankan fungsi operasinya. Termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil intruksi – intruksi dari memori utama dan menentukan jenis intruksi tersebut.
  2. Aritmatika and Logik Unit, berfungsi untuk membentuk fungsi pengolahan data komponen ALU sering disebut mesin bhasa karena bagian ini mengerjakan instruksi – instruksi bahasa mesin yang diberikan padanya. Seperti istilahnya ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit aritmatika dan unit logika yang masing – masing memiliki penjelasan tugas tersendiri
  3. Register, adalh media penyimpanan internal CPU yang diguanakan sat proses pengolahan data memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah ataupun data utnuk pengolahan selanjutnya.
  4. CPU INTERCONECTION, adalah sistem koneksi dan bus ang menghubungkan komponen internal CPU, yatiu ALU, Unit Control dan register – register dan juga denga bus – bis eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama, perangkat input/output

MEMORI UTAMA

Memori merupakan media penyimpanan data pada komputer, jenis memori dibagi menjadi dua, yaitu RAM dan ROM.

RAM(Random Access Memory)

RAM adalah memori yang dapat dibaca atau ditulis.  Data dalam sebuah RAM bersifat volatile,  yang artinya data akan terhapus bila arus listrik mati, karena sifat RAM yang volatile ini, maka program komputer tidak tersimpan di RAM.  RAM hanya digunakan untuk menyimpan data sementara, yang tidak begitu vital saat aliran daya terputus.  Jenis RAM sangat bervariasi, diantaranya :

  1. DRAM(dynamic RAM) adalah jenis RAM yang secara berkala harus diperbaruhi oleh CPU agar data yang terkandung didalamnya tidak hilang.
  2. SDRAM(syncrone dynamic RAM) adalah jenis RAM yang paling umum digunakan pada PC masa sekarang. RAM ini disincronisasi oleh jam sistem dan memiliki kecepatan lebih tinggi dari pada DRAM.
  3. SRAM (statik RAM ), adalah jenis memori yang tidak perlu pembaharuan oleh CPU agar data yang terdapat didalamnya tetap tersimpan dengan baik, RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi dari pada DRAM
  4. RDRAM(rambus dinamic RAM) adalah jenis memoru yang lebuh cepat dan lebih mahal dari pada SDRAM
  5. EDORAM(extended data out RAM) adalah jenis memori yang digunakan pada sistem yang mengugnakan pentium
  6. DDR(double data rate) tipe menggunakan teknologi double clock cycle. DDR sekarang sudah semakin berkembang dengan munculnya DDR2 dan DDR3 yang memiliki kecepatan yang sangat tinggi

Kedepannya mungkin jenis –jenis RAM akan terus berkembang dengan semakin berkembangnya sistem komputer yang ada saat ini, karea untuk menunjang kebutuhan komputasi yang tinggi dibutuhkan performa komputer yang maksimal

ROM (READ ONLY MEMORI)

ROM adalah memori yang hanya dapat dibaca. Data yang terismpan dalam ROM bersifat non volaite, artinya data tidak akan terhapus meskipun arus istrik mati. Karena sifatnya yang demikian makan ROM dipergunakan utnuk menyimpan program.  Adabeberapa tipe ROM, diantaranya ROM murni, PROM, Dan EPROM.

PROM (programmable ROM) adalah ROM yang dapat diprogram sendiri oleh pemakai.

INPUT OUTPUT

I/O berfungsi memindahkan data dari/ke lingkungan luar atau perangkat lainnya. Sistem komputer membutuhkan perantara I/O. Perangkat I/O sebagai jembatan penghubung antara komputer dengan piranti di luar sistem dapat menerima data dari komputer dan dapat pula memberi data ke komputer.  Ada dua macam perantara I/O yaitu piranti untuk hubungan serial (UART – Universal asyncronous receiver transmitter) dan piranti untuk hubungan paralel (PIO – Paralel Input Output )

  1. PERANGKAT INPUT OUTPUT DAN CARA KERJANYA

Alat iput langsung adalah alat yang inputnya langsung diproses oleh alat pemproses, sedangkan alat input tidak langsung prosesnya melalui media tertenru sebelum suatu input diproses oleh alat pemproses.  Alat input langsung dapat berupa papan ketik (keyboard), pointing device (misalnya mouse, touch screen, light pen, digitalizer graphics tablet),  scanner (misalya magnetic ink character recognition, optical data reader atau optical character recognition reader), sensor ( misalnya digitalizing camera), voice recognizer (misalnya micropone). Sedangkan alat input tidak langsung misalnya keypunch yang dilakukan melalui media punched card ( kartu plong) key to tape yang  merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemproses, dan key to disk yang merekam data ke media magnetic disk (disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut.

  1. PERANGKAT OUTPUTDAN CARA KERJANYA

Output merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (KERTAS), SOFT COPy (monitor dan file), atupun beruppa suara ( voice).

Output yang dihasilkan dari pemproses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu teks, gambar, suara, gambar, dan benruk lain yang dapat dibaca oleh mesin. Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oeh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *